© 2017 by Vivat Indonesia

Jl. Matraman Raya No. 125,

Matraman-Jakarta Timur 13140,

Indonesia

Telp/Fax: (+62) (021) 8501349

Email: vivatindonesia@gmail.com.

Website: www.vivatindonesia.org

Tentang kami

  • Nama dan logo

  • Visi

  • Milestones

Nama

VIVAT berasal dari kata Latin VIVERE yang berarti HIDUP.  Nama VIVAT mengungkapkan sebuah komitmen bagi semua yang hidup dan yang ada.

VIVAT Internasional, sebuah LSM Internasional berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-bangsa yang memiliki status konsultatif dengan  Dewan Social Ekonomi (ECOSOC) dan berasosiasi dengan Departemen Informasi Publik PBB.

VIVAT Internasional didirikan November 2000 di Roma oleh Pemimpin Umum Serikat Sabda Allah (SVD) dan Konregasi Suster Abdi Roh Kudus (SSpS). Sat ini VIVAT Internasional terdiri dari 13 tarekat religius yang para anggotanya bekerja pada 130 negara; memiliki kantor pusat di New York dan kantor perwakilan di Geneva serta cabang-cabang nasional di Indonesia, Argentina, Bolivia, India, Kenya dan Filipina.

VIVAT Indonesia adalah salah satu cabang nasional dari VIVAT Internasional yang didirikan oleh para Provinsial SVD dan SSpS Indonesia pada 21 Agustus 2008.

Logo

  • Tiga orang yang berhadap-hadapan dan saling merangkul. Melambangkan Allah dan manusia berkomunikasi, menyapa satu sama lain, merangkul semua ciptaan dan alam semesta.

  • Tiga pucuk daun zaitun: menyirat tapak-tapak perjuangan akan nilai-nilai kemanusiaan – hidup yang bermartabat dan hak asasi manusia.

  • Lilin bernyala dan daun zaitun yang bewarna hijau lambang harapan dan kemenangan.

 

Motto:

VIVAT International for life, dignity & human rights

 

Visi

Dunia ini dan setiap orang diciptakan baik dan bermartabat dengan hak-hak dan martabat yang sama bagi semua orang, suku dan budaya.

Karena itu kami, VIVAT Internasional, berkomitmen membela hak-hak asasi manusia, mengentas kemiskinan, memajukan keseteraaan jender dan pembangunan berkelanjutan, mempromosi budaya damai, melindungi keanekaragaman hayati dan memperjuangkan keutuhan ciptaan.

Milestones

  • Denpasar-Bali,  30 November 2007: Pertemuan informal para Koordinator JPIC SVD Indonesia mengusulkan kepada para Provinsial untuk mempertimbangkan pembentukan sebuah sekretariat nasional guna memudahkan koordinasi dan keterhubungan antara JPIC-JPIC dan VIVAT Internasional

  • Belo-Kupang, 19 – 21 Agustus 2008: menyelenggarakan sebuah lokakarya yang dihadiri para provinsial dan Koordintor JPIC SVD dan SSpS  Indonesia. Pada akhir lokakarya tersebut, 21 Agustus 2008, para provinsial SVD dan SSpS Indonesia memutuskan untuk mendirikan VIVAT Indonesia. 

  • Roma, 10 Juli 2010: Board VIVAT Internasional mengesahkan (approved) pendirian kantor Cabang Nasional VIVAT Internasional di Indonesia  dengan nama VIVAT Internasional-Indonesia (VIVAT Indonesia); Sekaligus memberi ijin untuk mendirikan lembaga/organisasi yang diakui oleh Undang-undang Negara Republik Indonesia dan mengesahkan charter & statuta VIVAT Indonesia 

  • Jakarta, 3 Januari 2012: Kantor sekretariat VIVAT Indonesia mulai beroperasi di Jakarta 

  • Jakarta, 30 Juli 2012: Akta Pendirian Yayasan VIVAT Indonesia  disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui SK KEMENHUKHAM RI Nr. AHU-4806.AH.01.04 Tahun 2012 

  • Kuwu-Ruteng, 24–29 September 2012:VIVAT Internasional menyelenggarakan sebuah workshop yang dihadiri oleh para provinsial dan Koordinator JPIC SSpS, SVD, OMI. 

  • Jakarta, 22 Oktober 2013: Yayasan VIVAT Indonesia terdaftar di Kantor Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dengan Nr. 013.31.75.01.1004.97