top of page

JPIC SSpS JAWA DAN TALITHA KUM MALANG RAYA MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI STOP HUMAN TRAFFICKING

Human Trafficking atau perdagangan manusia merupakan tindak pidana yang serius di Indonesia. Angka korban dari Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Semua bentuk kekerasan yang di alami oleh korban mengakibatkan luka, penderitaan dan trauma yang berkepanjanagan. Hal ini sangat memprihatinkan dan menyedihkan.


Merespon persoalan tersebut, menjelang hari Anti Perdagangan Orang JPIC SSpS Provinsi Jawa bersama Talithakum Malang Raya menyelenggarakan sosialisasi bahaya Perdagangan Orang selama 3 hari (tanggal 25, 26, 28 Juli 2023). Sosialisasi 25 Juli 2023, diberikan kepada siswa/siswi kelas III-VI SD Katolik St. Maria Blitar. Sr. Sisilia Andri SSpS sebagai pembicara menjelaskan tentang isu perdagangan orang dengan penekanan pada modus tindak pidana perdagangan orang, sekaligus menghimbau anak-anak agar tidak mudah terpengaruh dengan teman-teman atau orang-orang yang mencurigakan. Selain itu, anak-anak juga diajak untuk saling menghargai, tidak saling bully, dan berani bercerita dengan orang tua, guru atau orang dewasa yang peduli akan isu kemanusiaan. Anak-anak di ajak untuk bijaksana dalam mengunakan media agar tidak terjebak pada iming-iming yang membahayakan. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh 348 siswa, peserta dibagi dalam dua sesi yakni; sesi pertama untuk kelas V dan VI yang berjumlah 180. Sesi kedua untuk siswa-siswi kelas III-IV berjumlah 165 anak.

Keesokan harinya 26 Juli 2023, pukul 13.00–15.00 WIB, Sr. Lucia SSpS melanjutkan sosialisasi TPPO untuk guru-guru, karyawan/ti TK Katolik St. Maria Blitar dan karyawan/i, peserta 26 orang sekitar. Dalam pemaparannya Sr. Lucia mengajak peserta agar tidak mudah tergiur dengan janji-janji palsu para perekrut dan peduli terhadap sesama dengan melaporkan kasus perdagangan orang yang terjadi di sekitarnya. Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan shering kasus yang terjadi di lingkungan dalam kelompok kecil oleh peserta. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi di forum atu kelompok besar. Acara ditutup dengan pemutaran video terkait kasus kekerasan pada anak yang diperjuangkan oleh para suster SSpS. Pada tanggal 28 Juli 2023 Sr. Sisilia Andri SSpS melanjutkan sosialisasi dengan guru-guru SDK St. Maria Blitar. Peserta yang hadir pada kesempatan ini berjumlah 33 orang.


Selain sebagai narasumber, tim JPIC SSpS terus mengembangkan kapasitas dan jaringan dengan menghadiri sosialisasi TPPO yang di selenggarakan oleh TalithaKum Malang Raya di Aula Gereja Paroki Ratu Damai Donomulyo. Acara dimulai sekitar pukul 10.00-11.30 WIB dihadiri oleh berbagai pihak seperti; OMK, para Guru, keluarga migran, pejabat pemerintah dan pelajar dari luar daerah. Sr. Gratia, PK sebagai pembicara membawakan materi tentang human trafficking; apa pengertian perdagangan manusia, pengertian dan jenis eksploitasi, sejarah, penyebab terjadinya perdagangan manusia, dampak bagi korban, keluarga, masyarakat dan pemerintahan, pelaku dan korban perdagangan manusia, serta bagaimana modus-modusnya dengan contoh-contoh konkrit berdasarkan pengalaman karyanya bersama mantan migran, dimana mensharingkan pengalaman mereka yang menderita ketika bekerja dengan majikan, trauma-trauma yang dialaminya.

Semoga dengan sosialisasi ini, menambah wawasan peserta terkait bahaya perdagangan orang yang marak terjadi di dunia secara khusus di Indonesia, dan kiranya banyak orang tergerak hati untuk membantu sesama yang menderita akibat tipu muslihat orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

AYO BERSAMA KITA HENTIKAN PERDAGANGAN ORANG !

*Sr. Silvia SSpS


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page