© 2017 by Vivat Indonesia

Please reload

Recent Posts

Neoliberalisme dan Kerusakan Lingkungan

October 12, 2017

1/1
Please reload

Featured Posts

Diplomasi hoax ala Indonesia

October 10, 2017

 

Pemerintah Indonesia menolak dan menyangkal adanya (terjadinya) pelanggaran HAM di Papua, bahkan menganggapnya sebagai berita hoax. 

Baru-baru ini kelompok atau organisasi masyarakat sipil dan jurnalis baik di Papua (lokal), Jakarta (nasional) termasuk LIPI, dan internasional merelease sebuah laporan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di Papua antara Januari 2015 - Desember 2016; termasuk pelanggaran kebebasan untuk berkumpul dan berekspresi, tahanan politik, penganiayaan para korban (tortures) dan pembunuhan (extra-judicial killings).

Sayangnya, ini semua, dalam upaya diplomasi Indonesia di fora Internasional disangkal, tidak diakui, bahkan dianggap sebagai hoax. Rupanya ini sebuah bentuk diplomasi hoax. Di dalam negeri, pemerintah gencar melarang masyarakat untuk menebar-luas berita-berita bohong, alias hoax. Tetapi di fora internasional, justru memakai “diplomasi hoax” untuk menyangkal tudingan tentang fakta adanya pelanggaran HAM di Papua hingga hari ini.

Penyangkalan yang terus menerus oleh Negara (pemerintah) terhadap pelanggaran HAM menambah luka dan derita para korban, serta merendahkan martabat existiensial kemanusiaan mereka. Rupanya kita belum naik kelas untuk belajar dari pengalaman sejarah masa lampau untuk suatu perubahan di masa yang akan datang.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square